Sekilas CGRG

Gim Komputer adalah sebuah fenomena baru dalam industri komputer. Pada tahun 2000 pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat mencapai 7 %, sementara pada tahun yang sama pertumbuhan industri gim komputer mencapai 15 %. Tingginya pertumbuhan tersebut tidak lepas dari banyaknya masyarakat yang begitu berminat dengan gim komputer. Statistika tahun 2001 menunjukkan 60% rakyat Amerika yang berusia diatas 6 tahun telah biasa memainkan gim komputer  dengan rata-rata setiap rumah memiliki 2 jenis gim. Pada tahun 2002 diperoleh data  total industri gim komputer  yang terjual mencapai 221 milyar dollar. (Interactive Digital Software Association, May 2003). Hasil yang dicapai dari industri gim tersebut , tidak lepas dari sejarah panjang perkembangan gim secara keseluruhan

Computer Game Research Group (CGRG) adalah salah satu kelompok riset yang dikembangkan oleh dosen-dosen Teknik Informatika UII Yogyakarta.Kelompok riset semacam ini terbilang baru untuk dunia komputer di Indonesia. Kami memandang sudah waktunya komunitas gim di Indonesia berubah dari sekedar user menjadi creator. Hal ini dapat dimulai dari penekanan penelitian dosen dan mahasiswa yang mengarah pada bidang gim komputer. Alhamdulillah, di UII sendiri sejak 3 tahun belakangan ini, sejumlah topik tugas akhir mulai mengarah pada pembuatan gim komputer.

CGRG diharapkan akan menjadi titik awal berkembangnya genre gim bernuansa lokal yang mengedepankan ketinggian nilai-nilai budaya dan karakteristik bangsa Indonesia. Secara tidak langsung penggunaan theme, sound, story, character yang bernuansa budaya asing tertentu akan memberikan peranan pada pembentukan karakter pengguna gim komputer. Padahal sebagian besar pemakai gim komputer di Indonesia adalah generasi muda.

Secara khusus, saat ini CGRG memiliki fokus utama pada riset dibidang Game Based Learning (GBL), yaitu suatu metode alternatif proses learning menggunakan konsep game.

Untuk diskusi dan informasi lebih lanjut dapat menghubungi alamat email berikut : prayudi@fti.uii.ac.id

Leave a comment